Senin, 01 Desember 2014

5 SMA dengan BIAYA TERMAHAL di INDONESIA

5 SMA Termahal di Indonesia

Sampai hari ini, pendidikan di Indonesia memang masih kalah jauh dibanding dengan pendidikan yang ada di Negara-negara maju. Budaya-budaya negatif seperti mencontek masih terlalu sering dilakukan. Namun demikian ada juga sekolah yangberusaha untuk lebih maju ke depan, bahkan dengan kurikulum yang berbeda dengan apa yang diterapkan pemerintah. Sekolah seperti ini sering menamakan diri dengan sekolah berbasis International. Sayangnya biaya untuk menebusnya setinggi langit, mungkin karena sepenuhnya dikelola oleh pihak swasta. Berikut 5 sekolah menengah ke atas yang termahal di Indonesia.

1. SMA Pelita Harapan Lippo Cikarang
Biaya: USD 9.000 atau Rp 80.460.000, pertahun.

SMA ini mendapatkan akreditasi A dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Muridnya sebenarnya tidak terlalu banyak, berkisar 380an (mungkin sekarang sudah bertambah), namun sekitar sekitar 34% dari korea. Wow… siapa yang pengin SMA Indonesia citarasa Kore di sini tempatnya. SMA ini memiliki kurikulum internasional bernama International Baccalaureate.

Kurikulum internasional ini menginduk pada International Baccalaureate Organization (IBO) yang bermarkas di Swiss. Ujian kelulusan dilakukan sesuai kurikulum internasional IBO. SMA Pelita Harapan Lippo Cikarang diakui secara resmi sebagai bagian dari IB World School pada tahun 2005. Tuh kan ga’ ikut pemerintah. Bahkan siswa di SMA ini tidak ikut ujian nasional. Ujian disesuaikan dengan kurikulum IBO.
Fasilitas sekolahnya meliputi Bookstore, Lab Komputer, Health Centre, Gymnasium, Playground, Library, Canteen, Audio/Video Room, Soccer Filed, Basketball Courts, Volleyball, Courts, Swimming Pool, Lab IPA (Fisika, Kimia, Biologi). School Events antara lain International Day, Sports Day, Library Week, Arts Festival, Retreat, IT, Fair, Music Concert, Field Trips, Easter and Christmas Celebration. Waoaaooowww… biaya di sekolah ini harus dibayarkan dalam bentuk dolar.

2. SMA Dwiwarna (Boarding School), Bogor
Biaya: Rp 44.000.000, 00 dan uang SPP-nya Rp 5.000.000, 00/bulan

SMA swasta yang satu ini bersistem asrama, semua siswanya disediakan tempat tinggal di dalam. Letaknya di Jalan Raya Parung Km 40 Bogor, Jawa Barat. Statusnya SMA plus standar Nasional dan juga menggunakan kurikulum dari Cambridge untuk kelas international. Kalau yang sebelumnya siswanya banyak dari korea, kalau yang satu ini berasal dari seluruh penjuru di Indonesia. Artinya keseragaman suku dan etnis disatukan dalam asrama.

Keistimewaan lainnya, sekolah yang satu ini jauh dari wilayah keramaian kota yang penuhdengan polusi, aman, nyaman, dan tenteram. Dan sekolah ini merupakan salah satu sekolah Islam dengan keinginan untuk membentuk insan nasionalis yang Islami. Di SMA Dwi Warna disediakan kolam renang, lapangan basket, futsal, ruang kesenian dengan alat musik yang lengkap, tenaga pengajar kegiatan ekstra kulikuler yang dipenuhi untuk semua minat dan bakat siswa. Begitu pula bagi yang suka fotografi, skateboard, tarian, olahraga, semua terakomodasi dengan baik disini dan ada pelatih yang menguasai bidang tersebut.

3. SMA Ciputra Surabaya
Biaya: Rp 40.000.000, 00 dan SPP sebesar Rp 4.000.000, 00/bulan

SMA yang satu ini hampir mirip dengan SMA Pelita Harapan Lippo Cikarang. Dengan nilai Akreditasi A, kurikulun yang digunakan adalan kurikulum international Baccalaureate. Di sekolah ini siswa lebih dituntut untuk kreatif, mandiri, komunikatif, punya prinsip, berpengetahuan luas, dan peduli terhadap sesama.
Tapi tidak mudah untuk menjadi siswa di sekolah ini, calon siswa diwajibkan memenuhi standar yang cukup tinggi, salah satunya adalah nilai Toefl dengan angka minimal 550.

Di kelas I, siswa wajib mengikuti program Work Experience, yaitu magang di perusahaan selama seminggu. Program ini bertujuan untuk membentuk siswa yang berwawasan entrepreneurship. Siswa kelas II harus menyelesaikan program Personal Project yang sudah setara dengan skripsi di perguruan tinggi. Setelah itu siswa-siswa SMA Ciputra Surabaya masuk program penjurusan, yaitu Indonesian Programme atau Diploma Programme. Wowww… udah seperti kuliah kan?

4. SMA Terpadu Krida Nusantara Bandung
Rp. 39.000.000 perbulan, Rp. 3.000.000

SMA Terpadu Krida Nusantara (SMAT-KN) merupakan salah satu sekolah berasrama penuh (boarding school) yang berada di Kota Bandung. Berdiri pada tahun 1996, dengan status terakreditasi A. yang satu ini seperti SMA Taruna, berpendidikan semi militer. Bahkan sekolah ini pernah mendapatkan penghargaaan dari Depkum HAM. Makanya kalau yang pendek tidak bisa masuk ke sekolah ini, untuk wanita 150cm, untuk pria 155cm. Sekolah ini juga tidak menerima siswa pindahan dari sekolah lain.

Keunikan dari sekolah ini adalah system belajarnya. Sistem belajar di SMA ini ialah Moving Class dimana siswa yang berpindah kelas sesuai mata pelajaran. Makanya siswa tidak bosan tinggal di kelas, karena akan berpindah-pindah. Kuliah saja tidak seperti ini. SMA Terpadu Krida Nusantara Bandungmenempati lahan seluas 27 hektare di lembah Bukit Manglayang, Cibiru, Bandung.

5. SMA Global Jaya International School, Tangerang.
Rp. 15.000.000. Rp. 5.000.000 perbulan.

SMA Global Jaya memiliki 47 jenis kegiatan ekstrakurikuler, dan mem punyai tenaga pengajar berkualitas dari dalam negeri maupun luar negeri, seperti dari Inggris,Amerika, dan Australia. System pendidikan di SMA ini adalah International Baccalaureate. Mirip dengan apa yang diterapkan sekolah SMA Pelita harapan. Satu kelas dalam sekolah ini hanya berjumlah 24. Bandingkan dengan siswa yang ada di sekolah yang tidak standar hingga mencapai 40. Artinya suasana belajar sangatlah kondusif. Bila dikalkulasikan, biaya di sekolah ini mencapai Rp. 75.000.000

ANDA BERMINAT ??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar