Senin, 06 Oktober 2014

DAMPAK & SOLUSI PERGAULAN BEBAS REMAJA MASA KINI



DAMPAK NEGATIF PERGAULAN BEBAS REMAJA MASA KINI


Mungkin dari kita sudah sering mendengar kasus / masalah pergaulan bebas remaja. Saat ini hampir tidak terhitung lagi berapa banyak jumlah remaja yang tersandung kasus tersebut. Remaja adalah seorang anak yang berada dalam usia tanggung, mereka bukanlah anak-anak yang tidak mengerti apa-apa dan bukan pula orang dewasa yang sudah bisa berfikir secara matang. Usia remaja berkisar antara  (13 tahun -18 tahun).Banyak sekali dampak negative / kerugian yang diterima remaja yang tertimpa kasus tersebut. Yuk kita bahas satu persatu masalah remaja beserta dampaknya.
·       Kenakalan Remaja dalam Keluarga
Remaja yang labil umunya rawan melakukan hal-hal yang bersifat negative dan lebih memilih jalan pintas untuk mengakhiri suatu masalah. Nah disinilah peran oranag tua amat sangat penting dalam mendidik dan mengambil sikap. Orang tua harus mengontrol & mengawasi putra-putri mereka. Terkadang para orang tua juga melarang hal-hal tertentu yang bersifat negative / kurang mendidik. Namun dimata sebagian remaja larangan-larangan tersebut dianggap sedikit memaksa & tidak sesuai dengan kehendak / isi hati mereka. Orang tua kadang dicap “over protective” atau bersika[ terlalu berlebihan. Karena sesungguhnya jiwa remaja adalah jiwa yang masih ingin bebas mengekspresikan segala hal. Namun keinginan anak dan orang tua kadang tidak sejalan. Larangan-larangan yang bersifat mengkekang tersebut pada akhirnya tidak digubris oleh sebagian remaja istilahnya “masuk kuping kanan keluar kuping kiri”. Namun dalam kasus ini tidak ada pihak yang dapat disalahkan secara sepihak. Orang tua dan anak harus sama-sama membangun komitmen dan saling percaya satu sama lain. hal tersebut bertujuan agar tidak terjadi “miss communications” atau salah paham antara anak dan orang tua. Orang tuapun juga harus mengikuti perkembangan jaman masa kini, apalagi ini sudah era globalisasi. Jadi orang tua tidak bisa menyamakan jaman mereka kala remaja dulu dengan jaman remaja kita saat ini.


·       Kenakalan Antar Remaja
Remaja identik dengan banyaknya teman bergaul. Kita sebagai remaja harus pandai-pandai bergaul & memilih teman (bukan berarti membeda-bedakan dari segi ekonomi) namun kita harus memilih teman yang akan membawa kita kedalam hal yang bersifat positif. Seumuran remaja nakal itu wajar. Namun kenakalan tersebut tidak boleh melebihi batas kewajaran. Mayoritas seorang remaja memilih jalan pintas untuk menyelesaikan suatu masalah. Jalan pintas tersebut kebanyakan berdampak kurang baik / merugikan bagi diri mereka sendiri. Terkadang sebagian remaja sengaja menutupi masalah yang sedang ia alami dan tidak mau berterus terang pada orang tua mereka. Mereka berfikiran, apabila mereka menceritakan masalah tersebut malah akan membebani orang tua / orang tua dianggap kurang membantu. Padahal walau bagaimanapun kita harus tetap bersifat terbuka kepada orang tua kita. Masalah yang sering menimpa remaja masa kini diantaranya :
ü Pemakaian obat-obatan terlarang
ü Sex bebas
ü Hamil diluar nikah
ü Tawuran
ü Broken home
ü Galau

·       SOLUSINYA
1.)  Mempertebal keimana diri kita
2.)  Mengisi waktu luang dengan kegiatan positif
3.)  Membekali diri kita dengan informasi dampak negative pergaulan remaja masa kini
4.)  Lebih mendekatkan diri kepada keluarga
5.)  Sesalu bersikap sopan dan baik kepada siapapun
6.)  Hormatilah orang yang lebih tua


·        Dampak kenakalan remaja pasti akan berimbas kepada dirinya sendiri. Bila tidak segera ditangani para remaja ini akan tumbuh menjadi remaja dengan kepribadian buruk. Itulah beberapa masalah remaja beserta solusinya. Mari bersama-sama kita wujudkan terciptanya generasi berakhlak mulia, cerdas dan berguna bagi nusa & bangsa. Karena mereka adalah generasi penerus bangsa yang akan datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar